Selasa, 11 Oktober 2011

Object Oriented Programming

OOP(Object Oriented Programming) adalah metoda pemrograman
yang sangat dekat dengan dunia nyata. Mengapa saya mengatakan
sangat dekat dengan dunia nyata? Karena cara kita melakukan
program itu adalah dengan suatu orientasi objek.
Nah.. Kalau berorientasi object kenapa dekat dengan dunia nyata?
itu karena semua object ada di dunia ini. Object pohon, object
manusia, object cacing, object pulpen, dan lain-lain

Object itu adalah satu bentuk dari kelas.
Contoh. Misalkan Pohon. pohon itu banyak. gak hanya satu pohon
di dunia ini. bahkan pohon jati pun ga cuma satu kan? benar. tapi
object itu cuma satu di dunia ini. Apakah pembaca tau bahwa ga kan ada orang
yang sama persis dengan pembaca? Nama mungkin sama. tapi gak kan ada yang sama
persis dengan anda. begitu lah dengan object. bisa aja object yang satu mirip
dengan object yang lain, tapi object itu adalah "unik".
makanya ga ada object yang sama meskipun ada di satu kelas.

kita masuk code.

class. Apa itu class?
pada OOP class adalah suatu enkapsulasi dari sifat-sifat(atribut-atribut
dan method-method) yang akan menghasilkan suatu object.
Kenapa harus class?
Karena walaupun object itu adalah sesuatu yang unik, tetap saja kita harus
membuat suatu bentuk general dari object itu. Maksud nya bentuk general itu
adalah memiliki atribut yang sama jenis nya dengan object yang lain

contoh : class Manusia yang akan menghasilkan object Daniel, Andi, Budi, dll..
apa saja yang ada pada Daniel ada pada Andi dan Budi?
Tangan. mereka sama2 punya 2 tangan
Kaki. mereka sama2 punya 2 kaki
hidung. mereka sama2 punya hidung

Nah oleh karena itu pada kelas manusia kita buat semua atribut yang umum
sekarang. kalo semua nya sama, kenapa object itu jadi unik?
ya karena walaupun sama2 memiliki atribut yang sama, tetapi nilainya beda.
Contoh.
Daniel punya tangan. tetapi bisa aja panjang tangannya 70 cm
sedangkan si Budi 71cm atau si andi 65 cm.
Nampak kan perbedaanya?
Daniel punya usia. tetapi bisa saja usiannya 19tahun,
sedangkan si budi 25 tahun atau su andi 19,001 tahun.

Nampak kan beda nya?

ya begitulah kira2 gambaran object oriented itu.

contoh koding javanya ya gini lah

public class Manusia{
private int tangan_kanan;
private int tangan_kiri;
private int kaki_kanan;
private int kaki_kiri;

public Manusia(){
tangan_kanan = 0;
tangan_kiri = 0;
kaki_kanan = 0;
kaki_kiri = 0;
}

public Manusia(int t_kanan, int t_kiri, int k_kanan, int k_kiri){
tangan_kanan = t_kanan;
tangan_kiri = t_kiri;
kaki_kanan = k_kanan;
kaki_kiri = k_kiri;
}

nah pembentukan object nya dengan cara

public static void Main(String[] args){
Manusia daniel = new Manusia(70,70,100,100);
// Maka akan terbentuk daniel dengan tangan kanannya 70 cm, tangankirinya 70cm
// kaki kanannya 100 cm dan kaki kirinya 100 cm
}
}

itulah contoh oop
mudah2an asik nge-OOP nya

3 komentar:

Best Buy Coupons